Perayaan Isra’Mi’raj di MTI Pasia

Berita Sekolah

Selasa 21 Februari 2023, MTI Pasia memberlangsungan perayaan Isra’ Mi’raj nabi Muhammad Saw untuk pertama kali nya di tahun ini dengan tema, “Lapang Dada.”


Acara Isra’ Mi’raj ini di adakan pada jam muhadarah bertepatan pada pukul 11.10 WIB dan acara selesai pada pukul 12.25 WIB. Acara ini di mulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Nabila Rimadela dan Hidayatul Khaira, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Daffa Muhammad Alfarisy salah satu santriwan kelas 2 MTI Pasir, kata sambutan oleh pimpinan pondok pesantren Tarbiyah Islamiyah Pasir oleh Buya H. Dulyamani, LC.,M.Pd, serta ceramah agama oleh ustadz Yan Eka Putra.


Acara Isra’Mi’raj ini dihadiri oleh pimpinan MTI Pasir yaitu H. Dulyamani, LC.,M.Pd, ustadz Yan Eka Putra dari Pesantren Tanjung Huffaz, Kamang (sebagai penceramah), majelis guru, ibu-ibu jamaah halaqah, serta santriwan santriwati MTI Pasir. Ustadz Dulyamani menyampaikan, ” Biasanya merayakan acara di sekolah hanya maulid nabi, tapi kali ini perdana MTI Pasia mengadakan acara Isra’ Mi’raj nabi Muhammad SAW. acara ini bukan untuk merayakan tetapi untuk mengingat hikmah apa yang di perintahkan Allah kepada nabi Muhammad SAW. dan untuk mengenang atau mengingat perjalanan rohani dan spiritual yang di lalui oleh nabi Muhammad SAW.”
“Apapun perintah Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. itu turun nya di bumi contohnya: puasa,zakat dan lain lain. Tetapi perintah solat ini berbeda (istimewa) karena solat ini perintahnya di jemput ,bukan di tunggu di bumi seperti perintah lainnya,” tutur Ustadz Yan Eka Putra.
Bulan Rajab disebut juga dengan bulan suka duka, karena pada bulan ini Rasullullah sedih yang sebenar-benar sedih, susah move on atau susah bangkit. Karena pada bulan ini dua orang yang sangat rasul sayangi meninggal dunia yaitu Sayyidah Khadijah (istri nabi Muhammad SAW.) dan paman nabi Muhammad SAW. (Abu Thalib). Pada Isra’ Mi’raj nabi Muhammad ini Allah menghadiahkan solat kepada nabi Muhammad SAW.
Acara ditutup dengan muhasabah diri dan do’a yang dipimpin oleh ustadz Yan Eka Putra, kemudian penutupan oleh MC pada pukul 12.25. selesai acara panitia membagikan cancang untuk ibu ibu halaqah, dan menjamu guru- guru.

Yuk Bagikan